28 April 2020

Mengenal Struktur Baja yang Sering Digunakan di Konstruksi Rumah

Serba-Serbi Struktur Baja untuk Hunian

Penggunaan struktur baja untuk membangun rumah kini sudah semakin terkenal. Ya, jika dulu struktur baja lebih diarahkan untuk pembangunan gedung-gedung pencakar langit, saat ini struktur baja sudah banyak digunakan untuk membangun rumah-rumah, mulai dari rumah minimalis sampai rumah mewah bertingkat.

Pemilihan struktur baja untuk membangun rumah bukannya tanpa sebab. Material struktur yang satu ini dinilai mampu menciptakan bangunan yang kuat, yang tidak kalah dengan penggunaan struktur beton maupun besi.

Oleh karena itu, kalau kamu sedang membangun rumah, tidak ada salahnya mulai mempertimbangkan struktur baja sebagai konstruksi bangunan rumahmu. Masih ragu? Berikut ini, Kania akan membahas sifat dan kelebihan dari bahan struktur baja agar kamu tidak ragu lagi. Yuk, langsung saja simak di bawah ini!

Struktur Baja Elastis dan Ringan

Dari segi keamanan, bisa dipastikan struktur baja lebih unggul dibandingkan penggunaan struktur kayu ataupun beton. Alasannya karena struktur baja memiliki tingkat elastisitas yang tinggi sehingga bisa menahan guncangan apabila sewaktu-waktu terjadi gempa. Selain itu, struktur baja juga lebih ringan dibandingkan struktur dari bahan lainnya.

Dengan sifatnya yan demikian, struktur baja sangat pas untuk digunakan di berbagai kawasan, tidak terkecuali untuk kawasan yang rawan gempa. Dengan sifat elastis dan keringanannya, kamu bisa memastikan keamanan dan keselamatan keluarga.

Struktur Baja Membuat Rumah Lebih Kuat dan Tahan Lama

Walaupun ringan, jangan ragukan kekuatan dari struktur baja. Bahan struktur baja ini sudah terbukti kuat dari penggunaannya untuk gedung-gedung pencakar langit. Dengan demikian, jika digunakan untuk membangun rumah, struktur baja bisa memastikan hunianmu tetap kuat dan kukuh.

Tidak hanya itu, struktur baja juga tahan lama. Kualitas struktur baja dalam sebuah bangunan tidak berubah seiring waktu. Jadi, jika kamu menggunakan struktur baja, kamu tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk memperbaiki konstruksi rumah yang mulai melemah.

Struktur Baja Tidak Menjadi Sampah saat Terjadi Pembongkaran

Dengan sifat-sifatnya yang lentur dan elastis, struktur baja tidak hanya bisa digunakan sekali saja. Jika ada suatu kondisi di mana kamu harus membongkar rumah, struktur baja yang sudah digunakan tersebut bisa digunakan kembali.

Ya, struktur baja bisa dibilang ramah lingkungan karena sifatnya yang bisa digunakan lebih dari satu kali. Dengan sifat ini pula, kamu bisa menghemat dana ketika akan melakukan renovasi rumah sebab tidak perlu membuat anggaran baru untuk pembelian struktur hunian lagi.

Sekarang kamu sudah lebih mengenal struktur baja untuk membangun rumah, ‘kan? Dengan mengetahui sifat dan kelebihan struktur baja di atas, diharapkan kamu tidak ragu lagi untuk menggunakannya sebagai konstruksi bangunan rumah.

Bagikan Artikel ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on google